Tempat Belanja Terpercaya

Senin, 03 Januari 2011

Arti Media Sosial dan 7 Media Sosial Populer


            Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
            Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
            Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
            Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
            Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat.
Jika dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa menyampaikan pendapat secara terbuka karena satu dan lain hal, maka tidak jika kita menggunakan media sosial. Kita bisa menulis apa saja yang kita mau atau kita bebas mengomentari apapun yang ditulis atau disajikan orang lain. Ini berarti komunikasi terjalin dua arah. Komunikasi ini kemudian menciptakan komunitas dengan cepat karena ada ketertarikan yang sama akan suatu hal.
Dan berikut 7 media sosial populer :
1. Bloggi-ng
            Sebuah blog dapat didefinisikan sebagai “situs yang memungkinkan pengguna untuk merenung, berbagi pendapat, dan mendiskusikan berbagai topik dalam bentuk jurnal online dengan para pembaca dapat mengomentari posting” Anda.
            Dari sudut bisnis, mesin pencari internet melihat blog. Anda akan mendapatkan pembaca jika Anda menyediakan konten yang menarik secara teratur.
            Blogspot dan WordPress adalah blogging platform yang paling populer dan kami sarankan. Pastikan Anda memiliki domain dan hosting blog Anda sendiri.
2. Twitter-ing
            Ini adalah layanan microtweet pendek dengan 140 karakter. Perlu keterampilan untuk membangun daftar besar pengikut, tetapi sekali Anda mendapatkannya maka Anda dapat menyiapkan cukup banyak otomatisasi seluruh proses pemasaran produk Anda.
3. Bookmark-ing
            Sosial Bookmark posting blog Anda. Cobalah Layanan seperti OnlyWire atau Social  Marker untuk mengirimkan posting blog Anda ke direktori online sosial.
            Direktori seperti StumbleUpon, Reddit, Digg, dan sebagainya merupakan alternatif lain mendapatkan traffik. Dia juga berfungsi sebagai pengumpan mesin pencari saat Anda menggunakan mesin pencari dalam mencari direktori dan menemukan jalan mereka kembali ke blog Anda.
4. RSS Feed-ing
            Set up RSS Feed Anda. Daftarkan email Anda tanpa khawatir tentang spam. Anda bahkan dapat mengaturnya buat Pembaca agar dapat menerima update melalui email menggunakan layanan seperti Feed Burner. Saat Anda tumbuh basis pelanggan Anda bisa mendapatkan banyak lalu lintas setiap hari dari saat Anda menambahkan sebuah artikel blog.
5. Facebook-ing
            Gabung Facebook atau situs jaringan sosial lainnya. LinkedIn juga bagus untuk kontak bisnis. Tempat yang baik untuk membangun relasi/ teman online dan dapat menjadi sumber yang baik bagi prospek dan pelanggan produk bisnis online Anda.
6. Video-ing
            Gunakan video converter sebagai artikel untuk pemasaran. Anda dapat mengkonversi artikel ke dalam video dan mengirimkannya ke situs video seperti You Tube, Yahoo. dan Daily Motion.
7. Forum-
            Gabung beberapa forum diskusi online. Forum Warrior merupakan suatu keharusan bagi setiap pemilik bisnis Internet. Selain itu baca panduan gratis baik gratis tentang cara untuk melakukan pemasaran di SuperTips.com
            Ini adalah beberapa sumber media sosial dan tips tentang cara menggunakan layanan diatas agar bisnis internet Anda lebih produktif. Anda harus memulai menggunakan media sosial dan menemukan entitas bisnis Anda dapat maju dan berkembang jauh ke masa depan.
            Sebenarnya masih banyak media sosial lainnya, namun mungkin mereka belum diekpos ke publik. Di masa mendatang media sosial apalagi yang akan menjadi trend atau populer. Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar